5 Cara Meningkatkan Produksi ASI

Jika Anda khawatir bahwa Anda tidak menghasilkan cukup ASI untuk bayi Anda, Anda tidak sendirian.

Data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa sekitar 75 persen ibu baru memulai menyusui bayi mereka, tetapi banyak yang berhenti baik sebagian atau seluruhnya dalam beberapa bulan pertama. Salah satu alasan paling umum untuk ini adalah mengkhawatirkan produksi susu yang tidak mencukupi.

Bagi banyak wanita, persediaan susu Anda baik-baik saja. Namun, jika Anda memang perlu meningkatkan produksi ASI Anda, ada cara untuk melakukannya.

Baca terus untuk mengetahui cara meningkatkan produksi ASI Anda menggunakan beberapa metode berbasis bukti dan beberapa praktik yang telah dilantik oleh para ibu selama berabad-abad.
Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi ASI. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meningkatkan pasokan ASI Anda tergantung pada seberapa rendah pasokan Anda dan apa yang berkontribusi pada produksi ASI Anda yang rendah. Sebagian besar metode ini, jika mereka akan bekerja untuk Anda, akan mulai berfungsi dalam beberapa hari.
1. Menyusui lebih sering

Sering menyusui dan biarkan bayi Anda memutuskan kapan harus berhenti menyusui.

Ketika bayi Anda mengisap payudara Anda, hormon-hormon yang memicu payudara Anda menghasilkan ASI dikeluarkan. Itu adalah refleks "let-down". Refleks let-down adalah ketika otot-otot di payudara Anda berkontraksi dan memindahkan susu melalui saluran, yang terjadi segera setelah bayi Anda mulai menyusui. Semakin banyak Anda menyusui, semakin banyak susu yang dihasilkan payudara Anda.

Menyusui bayi baru Anda 8 hingga 12 kali sehari dapat membantu membangun dan mempertahankan produksi ASI. Tetapi ini tidak berarti bahwa lebih banyak atau lebih sedikit pemberian makan menunjukkan masalah.
2. Pompa antara pemberian makan

Memompa di antara menyusui juga dapat membantu Anda meningkatkan produksi ASI. Menghangatkan payudara Anda sebelum memompa dapat membantu membuat Anda lebih nyaman dan memompa lebih mudah juga.

Coba memompa kapan saja:

    Anda memiliki sisa susu setelah menyusui.
    Bayi Anda tidak diberi makan.
    Bayi Anda mendapat sebotol ASI atau susu formula

3. Menyusui dari kedua sisi

Minta bayi Anda menyusui dari kedua payudara pada saat menyusui. Biarkan bayi Anda menyusui dari payudara pertama sampai mereka memperlambat atau berhenti menyusui sebelum menawarkan payudara kedua. Stimulasi memiliki kedua payudara yang disusui dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Memompa ASI dari kedua payudara secara bersamaan juga telah ditemukan untuk meningkatkan produksi ASI dan menghasilkan kandungan lemak yang lebih tinggi dalam susu.
4. Laktasi cookie

Anda dapat menemukan kue laktasi di toko-toko dan online di Amazon atau Anda dapat membuatnya sendiri. Meskipun tidak ada penelitian yang tersedia mengenai laktasi cookie secara khusus, beberapa bahan telah dikaitkan dengan peningkatan ASI. Makanan dan herbal ini mengandung galactagogues, yang dapat meningkatkan laktasi. Lebih banyak penelitian diperlukan.

Beberapa di antaranya termasuk:

    gandum utuh
    bibit gandum
    ragi
    makan biji rami

Resep kue laktasi yang mudah

Bahan

    2 gelas tepung terigu
    2 cangkir gandum
    1 sendok teh. bibit gandum
    1/4 cangkir ragi bir
    2 sdm. makan biji rami
    1 cangkir mentega, dilunakkan
    3 kuning telur
    1/2 cangkir gula putih
    1/2 cangkir gula merah
    1/4 gelas air
    1 1/2 sendok teh ekstrak vanila murni
    1 sendok teh. bubuk soda kue
    1/2 sdt. garam

Arah

    Panaskan oven hingga 350 ° F (175 ° C).
    Campur makan biji rami dengan air dalam mangkuk kecil dan biarkan rendam selama setidaknya 5 menit.
    Krim mentega dan gula putih dan coklat dalam mangkuk besar. Tambahkan kuning telur dan ekstrak vanili. Kocok selama 30 detik atau sampai bahan-bahan digabungkan. Aduk makan biji rami dan air.
    Dalam mangkuk terpisah, campur tepung, soda kue, ragi bir, bibit gandum, dan garam. Tambahkan ke campuran mentega, dan aduk hingga rata. Lipat di oat.
    Gulung adonan ke dalam bola 2 inci dan letakkan 2 inci di atas loyang.
    Panggang selama 10 hingga 12 menit atau sampai ujung-ujungnya mulai keemasan. Biarkan kue berdiri di atas loyang selama 1 menit. Dinginkan rak kawat.

Anda juga bisa menambahkan buah kering, keping cokelat, atau kacang untuk berbagai variasi.
5. Makanan, herbal, dan suplemen lainnya

Ada makanan dan herbal lain yang dapat meningkatkan produksi ASI, menurut Canadian Breastfeeding Foundation. Beberapa, seperti fenugreek, telah terbukti berfungsi hanya dalam waktu tujuh hari. Makanan dan herbal ini termasuk:

    Bawang putih
    Jahe
    fenugreek
    adas
    ragi
    thistle yang diberkati
    alfalfa
    spirulina

Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen baru, terutama ketika menyusui. Bahkan obat alami dapat menyebabkan efek samping.
Potensi penyebab rendahnya pasokan susu

Ada beberapa faktor yang dapat mengganggu reflek let-down dan menyebabkan suplai susu rendah, termasuk:

Faktor emosional

Kecemasan, stres, dan bahkan rasa malu dapat mengganggu refleks let-down dan menyebabkan Anda menghasilkan lebih sedikit susu. Menciptakan lingkungan yang pribadi dan santai untuk menyusui dan membuat pengalaman yang menyenangkan dan bebas dari stres dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Cobalah salah satu dari 10 cara ini untuk menghilangkan stres.
Kondisi medis

Beberapa kondisi medis dapat mengganggu produksi ASI. Kondisi ini termasuk:

    tekanan darah tinggi yang diinduksi oleh kehamilan
    diabetes
    sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Obat-obatan tertentu

Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine, seperti sinus dan obat-obatan alergi, dan jenis tertentu dari pengendalian kelahiran hormonal dapat menurunkan produksi ASI.
Merokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol dalam jumlah sedang sampai berat dapat menurunkan produksi ASI Anda.
Operasi payudara sebelumnya

Tidak memiliki jaringan kelenjar yang cukup karena operasi payudara, seperti pengurangan payudara, pengangkatan kista, atau mastektomi, dapat mengganggu laktasi. Operasi payudara dan tindikan puting dapat merusak syaraf yang terhubung dengan produksi ASI.
Apakah pasokan Anda rendah?

Anda mungkin khawatir bahwa persediaan susu Anda rendah, tetapi produksi ASI yang rendah jarang terjadi. Kebanyakan wanita membuat lebih dari sepertiga lebih banyak susu daripada kebutuhan bayi mereka, menurut Mayo Clinic.

Ada banyak alasan bayi Anda mungkin menangis, rewel, atau tampak terganggu saat menyusui, tetapi itu tidak mungkin karena persediaan ASI Anda. Tumbuh gigi, sakit gas, atau bahkan hanya menjadi lelah dapat menyebabkan kerewelan. Bayi juga lebih mudah terganggu dengan bertambahnya usia mereka. Ini dapat mengganggu pemberian makan dan menyebabkan mereka untuk menarik diri ketika Anda mencoba untuk menyusui.

Setiap kebutuhan bayi berbeda. Kebanyakan bayi baru lahir membutuhkan 8 hingga 12 kali pemberian dalam 24 jam, bahkan lebih banyak lagi. Seiring bertambahnya usia bayi, mereka akan memberi makan lebih efisien. Ini berarti bahwa meskipun pemberian makan jauh lebih singkat, mereka mungkin mendapatkan lebih banyak susu dalam waktu yang lebih singkat. Bayi lain suka berlama-lama dan mengisap lebih lama, sering sampai aliran susu hampir berhenti. Either way baik-baik saja. Ambil isyarat Anda dari bayi Anda dan beri makan sampai mereka berhenti.

Selama berat badan bayi bertambah seperti yang diharapkan dan membutuhkan penggantian popok biasa, maka Anda mungkin memproduksi cukup susu.

Ketika bayi Anda mendapatkan cukup susu, mereka akan:

    menambah berat badan seperti yang diharapkan, yaitu 5,5 hingga 8,5 ons setiap minggu hingga 4 bulan
    memiliki tiga atau empat kursi setiap hari pada usia 4 hari
    memiliki dua popok basah lebih dari 24 jam pada hari ke-2 setelah kelahiran, dan enam atau lebih popok basah setelah hari ke 5

Pemeriksaan rutin dengan dokter anak Anda akan membantu menentukan apakah pasokan susu Anda mungkin rendah atau jika anak Anda kekurangan gizi. Melacak pemberian makan dan mengganti popok juga dapat membantu dokter Anda menentukan apakah persediaan ASI Anda lebih rendah dari yang seharusnya.

Jika persediaan susu Anda rendah, suplementasi dengan susu formula bisa menjadi pilihan. Bicaralah dengan dokter Anda atau spesialis laktasi sebelum menambahkan susu dengan susu formula untuk menghindari penyapihan dini secara tidak disengaja.

Seorang spesialis laktasi dapat membuat rencana suplementasi untuk Anda ikuti sehingga Anda dapat meningkatkan produksi ASI Anda dan secara bertahap mengurangi suplementasi.
Kapan mencari bantuan

Jika Anda khawatir bayi tidak mendapat cukup ASI atau merasa bahwa bayi Anda tidak tumbuh subur, bicaralah dengan dokter Anda atau hubungi spesialis laktasi. Jika produksi susu rendah adalah masalah, mengoreksinya mungkin sesederhana membuat sedikit perubahan pada rutinitas atau teknik menyusui Anda, atau menyesuaikan obat yang Anda gunakan.

Jika persediaan Anda rendah atau Anda mengalami masalah lain dengan menyusui, cobalah untuk mengingat semboyan “Fed yang terbaik.” Selama bayi Anda cukup makan dan mendapatkan makanan yang mereka butuhkan, ASI atau susu formula keduanya baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar