Mengajarkan Makanan Padat Untuk bayi

Salah satu momen paling menarik selama tahun pertama si kecil adalah transisi ke makanan padat. Ada banyak pendapat tentang cara terbaik untuk memperkenalkan bayi pada makanan selain ASI atau susu formula. Pendekatan yang tampaknya paling masuk akal adalah menyapih bayi.

Bayi berkembang dengan langkah mereka sendiri, dan transisi ke makanan padat adalah buktinya. Mengingat pentingnya makanan tumbuh menjadi sehat, hanya logis bahwa bayi dibimbing dengan lembut untuk memperluas cita rasa mereka.

Berikut cara memulai pada makanan padat setelah mereka menunjukkan tanda-tanda kesiapan.
Apa manfaat kesehatan dari pemberian ASI eksklusif?

Sebagian besar organisasi kesehatan utama merekomendasikan agar bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. Setelah makanan padat ditambahkan ke diet bayi, menyusui harus dilanjutkan sampai bayi Anda setidaknya 1. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan menyusui pada usia 2 dan seterusnya, jika memungkinkan.

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi Anda membantu mereka dengan hal-hal berikut:

    sistem kekebalan yang kuat
    risiko infeksi gastrointestinal yang lebih rendah
    risiko infeksi pernapasan yang lebih rendah
    Ikatan yang kuat dengan Anda karena kehadiran oksitosin selama menyusui

Ini juga membantu ibu postpartum dengan:

    kehilangan berat badan bayi lebih cepat
    menunda kembalinya periode menstruasi (tanyakan dokter Anda untuk metode pengendalian kelahiran yang dapat diandalkan)
    risiko kanker payudara dan kanker ovarium yang lebih rendah
    mengurangi risiko diabetes tipe 2

Apakah bayi Anda siap untuk memulai makanan padat?

Sekitar waktu ketika bayi Anda berusia 6 bulan, Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka menunjukkan minat pada makanan padat.

Berikut cara mengetahui apakah bayi Anda siap untuk makanan padat.

    Mereka dapat duduk tanpa dukungan. Ini penting karena membuatnya lebih mudah untuk mencegah tersedak.
    Mereka mulai meraih makanan di atas meja. Duduklah bayi Anda untuk makan bersama anggota keluarga yang lain, dan Anda akan melihat minat mereka tumbuh.
    Koordinasi tangan-mata yang lebih baik, yang memungkinkan mereka untuk mengambil potongan-potongan kecil makanan seperti kacang polong atau irisan kecil sayuran yang dimasak.
    Mereka mampu dan siap mengunyah. Setelah bayi Anda memasukkan sepotong makanan ke mulut mereka, mereka akan mulai mengunyah. Jika sampai sekarang tindakan pertama mereka adalah mengeluarkan apa pun kecuali ASI, itu adalah indikasi yang baik bahwa mereka dapat mulai mengunyah.

Bagaimana cara memulai menyapih bayi

Setelah Anda mendeteksi kesiapan bayi untuk mencoba makanan padat, berikut cara memulainya.

    Mintalah bayi Anda duduk bersama Anda untuk makan dan menawarkan mereka sedikit makanan setiap waktu. Mereka mungkin tidak makan setiap waktu, tetapi Anda membangun kebiasaan yang baik.
    Siapkan segelas air. Sediakan gelas plastik bebas BPA untuk mencegah kecelakaan dan membuat bayi Anda terbiasa dengan cangkir sippy. Jika Anda tidak keberatan tumpahan awal, minta mereka mencoba secangkir biasa dari awal.
    Buat tetap kecil. Tawarkan potongan-potongan makanan kecil agar bayi Anda memiliki kesempatan untuk memeriksa setiap bagian saat mereka memasukkannya ke dalam mulut mereka. Sebuah kata di piring: Kecuali Anda ingin memainkan permainan menjemput, hentikan penggunaan piring atau mangkuk segera. Gravitasi dan bayi akan memiliki cara mereka dengan hidangan apapun, setidaknya pada awalnya.
    Bersiaplah untuk kekacauan (ekstrim). Jika pikiran memiliki alpukat tersebar di seluruh baki kursi tinggi bayi Anda dan di rambut mereka membuat Anda gentar, yah, itu baru permulaan. Bayi membuat banyak kekacauan saat makan, dan itu semua adalah bagian dari eksplorasi gourmet (ya, gourmet) mereka. Cuci tangan mereka sebelum duduk dan biarkan mereka bersenang-senang. Itu semua adalah bagian dari pembelajaran dan membangun hubungan positif.
    Hal-hal akan berubah di tanah popok. Saat bayi Anda mencoba makanan yang berbeda, Anda akan membuka popok mereka untuk warna dan tekstur yang berbeda setiap waktu. Buat catatan tentang apa yang mereka makan sehingga Anda dapat melacak sebelum dan sesudahnya.

Alergi dan reaksi lainnya

Tawarkan satu makanan sekaligus untuk tiga atau empat hari masing-masing sehingga Anda dapat segera menangkap reaksi negatif.

Gejala intoleransi makanan (anak Anda mungkin tumbuh lebih besar) meliputi:

    ruam di sekitar mulut atau pipi mereka (mungkin menyebar lebih jauh)
    pilek atau hidung boneka dan mata gatal
    meningkat atau baru meludah
    diare

Apa saja makanan pertama yang aman untuk bayi?

Berikut ini adalah makanan terbaik pertama yang ditawarkan kepada bayi Anda:

    alpukat tumbuk
    ubi jalar matang matang dan disajikan dalam potongan-potongan kecil atau dihaluskan
    sayuran yang dimasak (kacang polong, wortel, kentang, brokoli)
    daging dan unggas (daging dan hati terutama kaya akan zat besi, yang dibutuhkan bayi, tetapi pilih organik dan dibudidayakan untuk menghindari bahan kimia)
    Kacang garbanzo dimasak secara menyeluruh (disajikan seluruhnya atau dihaluskan)

Bagaimana mencegah bayi Anda tersedak

Bayi dapat dengan mudah tersedak jika mereka diberi hal yang salah atau dibiarkan tanpa pengawasan saat makan, bahkan hanya untuk beberapa detik.

Berikut beberapa kiat untuk membantu mencegah kecelakaan:

    Tidak ada makanan keras dan renyah sampai anak Anda cukup besar untuk mengunyahnya dengan baik.
    Mentega kacang atau biji yang lembut dapat menjadi bahaya tersedak.
    Mintalah bayi Anda duduk untuk makan, baik di dalam atau di luar ruangan.
    Tertawa atau menangis bisa membuat bayi tersedak. Juga, bayi yang mengantuk dan makanan tidak tercampur.
    Popcorn sangat berbahaya, jadi hindari sampai anak Anda berusia 4 tahun ke atas.
    Porsi kecil mencegah bayi meraih terlalu banyak sekaligus dan sangat baik untuk membangun hubungan yang baik dengan makanan.
    Selalu awasi bayi Anda sambil minum dari botol alih-alih menyangga mereka.

Langkah selanjutnya

Transisi ke makanan padat adalah waktu yang menyenangkan untuk si kecil. Dunia besar tekstur makanan, selera, dan warna akan menjadi milik mereka.

Yang paling penting adalah jangan terburu-buru. Setiap bayi berbeda, dan mereka pasti menunjukkannya dalam suka dan tidak suka berbagai makanan. Seperti yang lainnya, bayi Anda mengambil isyarat dari Anda, jadi jagalah waktu makan agar tetap menyenangkan dan sehat.
Q:

Apakah bayi yang dipimpin menyapih pendekatan yang aman untuk mendapatkan bayi mulai makan makanan padat?
SEBUAH:

Baby-led weaning mengacu pada membiarkan bayi Anda memberi makan dirinya sendiri sejak mereka memulai makanan padat, daripada Anda memberi mereka makan dengan sendok. Ini bisa menjadi cara yang aman untuk memperkenalkan makanan mulai tidak lebih dari 6 bulan. Tersedak adalah risiko terbesar dengan pendekatan ini, tetapi dapat dikelola dengan aman dengan memperhatikan bayi Anda saat mereka makan dan hanya menawarkan makanan yang sangat lembut dalam porsi seukuran gigitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar