Kapan Bayi Bisa Duduk dan Bagaimana Anda Dapat Membantu Bayi Mengembangkan Keterampilan ini?

Tonggak kelahiran bayi Anda di tahun pertama kemungkinan besar akan terbang dalam sekejap. Duduk sangat menyenangkan bagi si kecil Anda, karena ia membuka dunia baru dari permainan dan eksplorasi. Ini juga membuat waktu makan lebih mudah dan memberi bayi Anda cara baru untuk melihat sekelilingnya.

Bayi Anda mungkin bisa duduk sedini enam bulan dengan sedikit bantuan masuk ke posisi. Duduk secara mandiri adalah keterampilan yang banyak dikuasai bayi antara usia 7 hingga 9 bulan.
Tonggak bayi
Tanda-tanda bayi Anda mungkin sudah siap untuk duduk

Bayi Anda mungkin siap untuk duduk jika mereka memiliki kendali kepala yang baik. Gerakan tubuh lainnya juga akan lebih terkendali dan terarah.

Bayi yang siap untuk duduk juga cenderung mendorong diri mereka ketika berbaring telungkup, dan mungkin telah belajar untuk berguling.

Bayi Anda dapat mulai dengan duduk untuk jangka waktu yang singkat jika Anda memposisikan mereka tegak. Pada tahap awal ini, penting untuk mendukung bayi Anda agar mereka tidak jatuh.

Bayi yang mendekati tonggak pendudukan independen, lebih dekat dengan 7 hingga 9 bulan, kemungkinan bisa berguling di kedua arah. Beberapa bahkan mungkin bergeser maju mundur, bersiap-siap untuk merangkak. Beberapa orang lain mungkin bereksperimen dengan mendorong diri mereka sendiri ke posisi tripod. Dalam posisi ini, bayi duduk didukung oleh satu atau kedua tangan di lantai.

Kemungkinan bayi Anda akan dapat menahan diri dalam posisi duduk sebelum dapat mendorong dirinya sendiri ke dalam posisinya sendiri. Dengan latihan yang cukup, mereka akan mendapatkan kekuatan dan kepercayaan diri, dan akan duduk seperti seorang profesional dalam waktu singkat.
Apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu bayi Anda duduk

Latihan menjadi sempurna, sehingga memberi bayi Anda kesempatan untuk duduk tegak dapat membantu mereka mendapatkan kekuatan untuk duduk secara mandiri. Duduk secara mandiri membutuhkan pergeseran berat yang dikontrol dari kiri, kanan, depan, dan belakang. Ini berarti dibutuhkan banyak kekuatan dan latihan untuk bergerak ke semua arah yang berbeda untuk melakukannya dengan benar.

Untuk membantu bayi Anda belajar duduk:

    Beri anak Anda banyak latihan trial-and-error. Tetap dekat, tetapi biarkan mereka menjelajahi dan bereksperimen dengan berbagai pendekatan dan gerakan tubuh mereka sendiri.
    Lebih banyak waktu di lantai dapat membantu mendorong kemandirian ini untuk menempatkan bayi Anda di posisi duduk. Bidik banyak bermain di lantai, minimal 2 atau 3 kali sehari, dengan mainan yang sesuai usia.
    Duduklah bayi Anda di pangkuan atau di antara kedua kaki di lantai. Anda dapat membacanya buku, menyanyikan lagu, dan mencoba permainan gerakan yang berbeda, seperti “kayu” ke selimut lembut.
    Setelah mereka sedikit lebih independen, letakkan bantal atau bantalan lain di sekeliling mereka saat Anda mengawasi mereka berlatih di lantai, bukan permukaan yang ditinggikan.

Apa hubungan antara waktu perut dan duduk?

Perut waktu adalah blok bangunan penting untuk duduk. Jika bayi Anda tidak suka bermain di perut mereka untuk jangka waktu yang lama, mulailah dengan beberapa menit beberapa kali sehari. Pastikan bayi Anda cukup beristirahat dan memiliki popok yang bersih. Dapatkan juga perut Anda, agar Anda sejajar dengan bayi Anda. Melihat wajah Anda mungkin memotivasi bayi Anda untuk tetap berada di posisi lebih lama. Anda juga dapat mencoba meletakkan cermin lembut di lantai sehingga bayi Anda dapat melihat wajahnya sendiri. Anda dapat menemukan cermin waktu tummy online atau di kebanyakan toko perlengkapan bayi.

Ketika mereka terbiasa dengan posisi ini, Anda dapat perlahan-lahan meningkatkan waktu.
Apakah bayi saya dapat menggunakan kursi bayi dengan aman?

Anda mungkin telah melihat kursi bayi yang berbeda di pasar. Kursi Bumbo, misalnya, adalah pilihan yang populer di kalangan orang tua dan cocok untuk bayi usia 3 hingga 9 bulan, atau segera setelah bayi dapat mengangkat kepala mereka. Ini terbuat dari bahan cetakan yang dipeluk di sekitar tubuh bayi Anda untuk mendukung duduk.

Terapis fisik anak Rebecca Talmud menjelaskan bahwa ketika anak-anak ditempatkan dalam posisi duduk terlalu dini atau untuk jangka waktu yang lama, itu dapat mengganggu perkembangan keterampilan mereka. Dengan kata lain, ketika bayi Anda mungkin duduk tegak, bayi Anda tidak bekerja pada batang tubuh dan kendali kepala yang penting yang akan berkembang paling baik ketika mereka melakukan gerakan tubuh baru sendiri.

Anda mungkin ingin menunggu sampai bayi Anda lebih dekat untuk mencapai tonggak duduk untuk menggunakan kursi bayi. Daripada menopang bayi Anda pada usia tiga bulan, pertimbangkan menunggu sampai kira-kira antara 6 dan 8 bulan. Dan jangan mengandalkan kursi ini sebagai alat satu-satunya bagi praktik.

Keamanan duduk

Ketika bayi Anda baru belajar cara duduk dengan dukungan, Anda mungkin ingin duduk di antara kedua kaki Anda sehingga Anda mendukung mereka di semua sisi. Anda juga dapat menggunakan bantal sebagai alat peraga, tetapi jangan biarkan bayi Anda tidak terlindungi ketika disangga.

Sementara bayi Anda mungkin belum berkeliaran dulu, duduk adalah tanda bahwa Anda mungkin ingin bayi-bukti rumah Anda dalam persiapan untuk lebih banyak mobilitas.

    Gunakan penutup stopkontak di semua kamar bayi Anda sering.
    Amankan barang atau area lain yang sesuai. Anda dapat menemukan barang-barang seperti kunci lemari, kunci toilet, jangkar furnitur, gerbang bayi, dan perlengkapan bayi-pemeriksaan lainnya di toko-toko kotak besar dan perangkat keras.
    Jauhkan bahaya tersedak, bahan beracun, dan barang berbahaya lainnya dari jangkauan bayi. Bahkan mungkin membantu untuk naik ke lantai di tingkat bayi Anda untuk mencari potensi bahaya.
    Setelah bayi duduk, sesuaikan kasur buaian mereka ke pengaturan yang lebih rendah. Menarik diri tidak jauh di belakang tonggak ini, dan bayi benar-benar mempraktekkan keterampilan motorik mereka di semua waktu yang berbeda, bahkan ketika mereka seharusnya tidur.
    Kencangkan sabuk pengaman di kursi tinggi dan perangkat duduk lainnya. Duduk secara mandiri membutuhkan banyak kekuatan. Bayi Anda mungkin membutuhkan dukungan ekstra dari tali, terutama ketika duduk untuk waktu yang lebih lama. Dan jangan menempatkan kursi di permukaan yang tinggi, atau di atau dekat air.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda mencurigai adanya keterlambatan perkembangan?

Jika bayi Anda tidak dapat tidur sendiri pada usia sembilan bulan, hubungi dokter anak Anda. Mungkin lebih baik bertindak lebih cepat, terutama jika bayi Anda hampir 9 bulan dan tidak dapat duduk dengan dukungan. Perkembangan bervariasi dari bayi ke bayi, tetapi ini mungkin merupakan tanda keterlambatan keterampilan motorik kasar.

Tanda-tanda penundaan motorik lainnya termasuk:

    otot kaku atau kaku
    gerakan floppy
    hanya meraih dengan satu tangan di atas yang lain
    tidak memiliki kendali kepala yang kuat
    tidak mencapai atau membawa benda ke mulut

Ada bantuan jika Anda menduga anak Anda mungkin mengalami keterlambatan. Pertama berbicara dengan dokter atau perawat Anda. Mereka dapat merujuk Anda ke layanan untuk bayi dan anak kecil, seperti program intervensi awal pemerintah negara bagian Anda.

 Tonggak apa yang datang berikutnya?

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi selanjutnya? Sekali lagi, itu bervariasi dari bayi ke bayi. Namun, secara umum, Anda mungkin mengharapkan perkembangan berikut saat anak Anda semakin dekat dengan ulang tahun pertama mereka.

    menarik ke posisi berdiri
    merayap dan merangkak di lantai
    furniture jelajah dan langkah pertama yang didukung
    berjalan sendiri

Setelah bayi Anda duduk, cobalah mendorong kemandirian mereka lebih jauh dengan berlatih transisi dari lantai ke duduk. Latihan akan membantu memperkuat semua otot inti mereka dan membantu mereka mendapatkan kepercayaan dalam posisi yang sangat baru ini. Mainan yang terlibat dalam permainan dalam posisi ini juga dapat berguna. Pertimbangkan untuk mencoba salah satu dari jenis mainan ini, tersedia online atau di toko mainan lokal (selalu periksa untuk melihat bahwa mainan yang Anda pilih aman untuk usia bayi Anda):

    aktivitas kubus
    ring stacker
    tukang sortir bentuk
    blok lunak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar