Langkah Sederhana untuk Mengajar Bayi Anda untuk Merangkak

Jika Anda seperti kebanyakan orang tua baru, Anda mungkin menatap bayi baru lahir Anda dengan takjub dan penuh semangat menunggu tonggak yang diantisipasi, seperti tertawa, duduk, dan merangkak.

Saat ini, sepertinya bayi Anda tidak akan pernah menjadi ponsel. Tetapi kenyataannya, mereka akan memanjat furnitur dan membuka kunci gerbang bayi sebelum Anda menyadarinya.

Untungnya, Anda tidak perlu mengajari bayi Anda untuk merangkak. Ini adalah tonggak perkembangan alami yang terjadi ketika bayi Anda siap. Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong bayi Anda untuk bergerak. Dan, tentu saja, ada hal-hal yang dapat Anda cari untuk memastikan keterampilan motorik kasar bayi Anda berada di jalurnya.
Bagaimana saya dapat membantu bayi saya belajar merangkak?

Karena bayi memiliki keinginan bawaan untuk bergerak, membantu mereka belajar merangkak lebih sedikit tentang mengajar, dan lebih banyak tentang memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan yang mereka butuhkan. Berikut ini lima hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bayi Anda belajar merangkak.
1. Beri bayi Anda waktu perut yang cukup

Sementara bayi harus selalu tidur di punggung mereka, ada baiknya memberi mereka waktu perut setiap hari saat mereka bangun. Ketika bayi Anda menghabiskan waktu berbaring di perut mereka, mereka berlatih mengangkat kepala mereka dari tanah, yang memperkuat koper mereka dan kembali dan membuat kaki mereka bergerak bebas. Kedua aktivitas ini membantu membangun otot yang dibutuhkan untuk perayapan.

Beberapa bayi tidak menikmati waktu perut, terutama pada awalnya. Jika si kecil berteriak atau protes, coba lakukan hanya dalam semburan singkat dan hanya beberapa menit setiap kali. Anda juga dapat menjadikan bermain di lantai lebih menyenangkan dengan memberi mereka beberapa menit di posisi yang berbeda, termasuk sisi, punggung, dan perut. Dan akhirnya, cobalah peregangan waktu perut dengan berbaring telentang dan meletakkan bayi di perut Anda, sehingga Anda dapat melihat wajah mereka saat mereka berlatih mengangkat kepala.
2. Kurangi jumlah waktu dalam walker dan bouncer

Bayi yang tidak menghabiskan banyak waktu di lantai mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kekuatan yang mereka butuhkan untuk merangkak. Meskipun ayunan bayi, pejalan kaki, penjaga, dan kursi bayi lainnya adalah cara yang sangat baik untuk menjaga bayi Anda tetap terkurung, memberikan waktu lantai bayi Anda mendorong penjelajahan dan gerakan.
3. Beri bayi Anda motivasi ekstra

Bayi sudah memiliki dorongan naluriah terhadap gerakan, tetapi Anda dapat membuatnya sedikit lebih menarik dan memotivasi dengan memberi mereka sesuatu untuk dijangkau.

Cobalah meletakkan mainan favorit mereka di tanah selama perut, tetapi letakkan mainan itu di luar jangkauan. Ini akan menarik minat mereka dan memberi mereka tujuan agar berhasil saat mereka mencoba bergerak. Trik lain adalah menempatkan cermin di lantai di depan bayi Anda. Ketika bayi melihat bayangan mereka di cermin, ini dapat memotivasi mereka untuk bergeser, dan kemudian secara bertahap merangkak, ke objek.

Mereka mungkin akan mencoba beberapa cara kreatif untuk sampai ke mainan, seperti berguling dan meregang. Anda mungkin memiliki waktu yang sulit untuk tidak membantu mereka, tetapi jika Anda dapat menahan godaan untuk memindahkan mainan lebih dekat, Anda mungkin terkejut betapa sabarnya mereka saat mereka bekerja untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri.
4. Sediakan ruang yang nyaman bagi mereka untuk dijelajahi

Siapkan area di lantai Anda yang memiliki mainan menarik dan hal-hal yang dapat mereka jelajahi dengan aman. Jika Anda memiliki lantai yang tidak dibasahi, Anda dapat membantu bayi Anda mulai beradu cepat di lantai dengan memakainya dengan baju lengan panjang dan celana panjang. Pakaian di permukaan yang halus akan membantu mereka bergerak dengan lebih sedikit gesekan, yang akan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk memulai.
5. Dapatkan di lantai dan merangkak dengan bayi Anda

Bayi Anda mungkin mulai merangkak lebih cepat jika Anda atau saudara yang lebih tua naik ke lantai bersama mereka selama masa perut. Yang benar adalah, bahkan jika seorang bayi melihat mainan favorit mereka beberapa meter jauhnya, mereka mungkin tidak tahu bagaimana memulai scooting atau merangkak. Tetapi jika Anda menunjukkan kepada mereka apa yang harus dilakukan, mereka dapat meniru gerakan Anda dan mencoba merangkak ke arah objek.
Apa yang terlibat dalam belajar merangkak?

Sebagian besar keterampilan motorik lebih rumit daripada yang mereka lihat, dan merangkak tidak terkecuali.

Ini mungkin tampak seperti bergerak di sekitar adalah kegiatan yang cukup mendasar untuk bayi, tetapi dalam kenyataannya, bayi Anda perlu mengembangkan dua kemampuan utama. Bayi pertama-tama harus mengembangkan kekuatan otot untuk menopang diri di lengan dan kaki mereka. Dan kedua, mereka harus mampu mengoordinasikan gerakan anggota tubuh mereka untuk membuat gerakan terjadi.

Apa metode perayapan yang berbeda?

Sebagian besar bayi tidak langsung dari tidak bergerak sampai merangkak dengan tangan dan lutut. Bahkan, beberapa bayi tidak pernah belajar "merangkak klasik" dari bergantian tangan kanan dan kaki kiri dengan tangan kiri dan kaki kanan sementara di tangan dan lutut mereka.

Sebaliknya, banyak bayi menjadi kreatif dengan berbagai jenis gerakan. Misalnya, bayi Anda mungkin mulai berkeliling dengan "tentara merangkak," dengan berbaring di perut mereka dan menarik diri ke depan dengan tangan mereka. Mereka mungkin juga menggunakan kaki mereka lebih dari lengan mereka, mengangkat tubuh mereka dengan meluruskan kaki mereka dan kemudian mendorong ke depan.

Mereka mungkin mencoba duduk dan berlari ke depan di pantat mereka, menggunakan lengan dan kaki mereka untuk bergerak maju. Atau mereka bahkan mungkin melewatkan merangkak dan langsung dari berguling ke duduk untuk berjalan.
Kapan bayi saya mulai merangkak?

Bagi kebanyakan bayi, keterampilan yang dibutuhkan untuk gerakan berkembang di sekitar titik tengah tahun pertama kehidupan. Anda mungkin akan melihat bayi Anda mulai merangkak antara 6 dan 10 bulan.

Namun, jika bayi Anda lebih besar dari rata-rata, mungkin diperlukan waktu sedikit lebih lama untuk mencari tahu cara untuk bergerak. Dan jika mereka terutama berfokus pada keterampilan lain, seperti keterampilan motorik halus atau pengembangan bahasa, ini dapat menunda fokus mereka pada perayapan.
Haruskah saya khawatir tentang bayi saya tidak merangkak?

Ada jendela yang cukup lebar untuk saat bayi biasanya mulai merangkak, dan yang menarik adalah beberapa bayi tidak pernah merangkak. Sebaliknya, mereka pergi dari duduk, untuk menarik, berjalan.

Peluangnya adalah Anda tidak perlu khawatir tentang gerakan bayi Anda. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa bayi Anda sedang berusaha bergerak, tetapi hanya menggunakan satu sisi dari tubuhnya, berbicara dengan dokter. Anda juga harus berbicara dengan dokter jika Anda khawatir bayi Anda tidak berkembang dalam kemampuannya untuk bergerak. Dokter Anda dapat menilai apakah perkembangan bayi Anda normal dan di jalur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar