Kegiatan Kebutuhan Bayi Anda untuk Pengembangan

Selama 18 bulan pertama kehidupan bayi Anda, Anda akan melihat mereka tumbuh dan berubah lebih dari selama periode lain dalam hidup mereka.

Terkadang mereka tampak seperti orang yang berbeda dari satu hari ke hari berikutnya! Dan karena kebutuhan dan minat mereka berubah sangat cepat, Anda harus fleksibel untuk mengikuti pembelajaran dan pertumbuhan mereka.

Kegiatan yang sederhana dan menyenangkan ini menghibur untuk Anda dan bayi, dan mereka mendukung perkembangan saat mereka tumbuh.

Saat lahir, keterampilan bayi Anda hanya menangis dan makan, tetapi pada saat mereka mencapai batas 6 bulan, mereka akan tertawa, berguling, mengoceh, dan bahkan mungkin mulai merangkak.

Keterampilan motorik adalah minat terbesar saat ini ketika mereka belajar mengendalikan tubuh kecil mereka, sehingga kegiatan yang membantu mengembangkan koordinasi pasti akan menjadi hit.
Aktivitas: Tummy Time

Ketika bayi Anda terjaga dan waspada, baringkan mereka di atas perut mereka di atas selimut bersih di lantai. Ketika masih sangat muda, mulailah dengan hanya beberapa menit setiap kali beberapa kali sehari. Anda juga dapat melakukan perut pada perut saat mereka muda - cukup berbaring telentang dan letakkan bayi di perut menghadap Anda. Ketika mereka semakin tua, Anda dapat secara bertahap meningkatkan jumlah waktu yang mereka habiskan bermain di lantai.

Saat bayi mulai memperhatikan dan meraih benda, letakkan mainan di sekitar mereka di lantai selama waktu perut. Ini akan memberi mereka sesuatu untuk diraih, yang akan membantu memperkuat otot-otot mereka dan mendorong kerja ke arah berguling dan merangkak.

Perut waktu membantu bayi Anda memperkuat leher, bahu, dan batang tubuh. Ini juga membantu mencegah sindrom kepala datar.
Kegiatan: Ambil Rattle

Pegang bayi Anda di pangkuan Anda, dan kibaskan mainan di samping mereka, cukup jauh sehingga mereka harus meraihnya untuk mendapatkannya.

Mereka mungkin akan menoleh ke arah suara untuk melihat apa itu. Jika mereka meraihnya, biarkan mereka meraihnya dan memeriksanya. Jika mereka tidak melakukannya, gerakkan rattle perlahan di depan mereka sehingga mereka dapat menontonnya.

Mendorong mereka untuk mengikuti objek bergerak dengan mata seperti ini membantu memperkuat penglihatan, dan meraih mainan mengembangkan koordinasi tangan-mata.

Anda akan menikmati menonton bagaimana kemampuan bayi Anda untuk memainkan game ini berubah saat mereka tumbuh!

Paruh kedua tahun pertama bayi Anda akan melihat mereka beralih dari bayi ke balita.

Pada 6 bulan, mereka hanya menjadi seluler. Hingga 12 bulan, mereka akan berdiri dan bahkan mungkin berjalan. Namun, fokus terbesar sekarang adalah mengembangkan pikiran.

Mereka mulai memahami konsep besar seperti sebab dan akibat dan kelanggengan objek, sehingga game yang membantu mereka mengeksplorasi ide-ide itu akan memukau dan menyenangkan mereka di usia ini.
Aktivitas: Cahaya Beralih

Tidak ada kekurangan mainan yang akan membantu bayi Anda berlatih sebab dan akibat, dan ada alasan bagus untuk itu.

Pada usia ini, bayi Anda mulai menyadari bahwa mereka dapat mempengaruhi lingkungannya, dan ini adalah penemuan yang mengasyikkan.

Tetapi Anda tidak perlu koleksi mainan untuk menghibur bayi Anda pada usia ini - tombol lampu yang sederhana dapat menjadi lebih menarik!

Untuk bermain, pegang bayi Anda di satu tangan dan tunjukkan dengan tangan Anda yang lain bagaimana mematikan lampu. Saat Anda memindahkan sakelar, beri tahu mereka bahwa lampu sedang menyala dan mati. Undang mereka untuk mencoba.

Mereka akan senang mengetahui bagaimana mereka dapat memiliki efek pada dunia di sekitar mereka, dan Anda akan menikmati seorang penolong yang selalu ingat untuk menyalakan lampu ketika Anda meninggalkan ruangan.
Aktivitas: Peekaboo

Peekaboo adalah permainan favorit bagi banyak bayi pada usia ini. Meskipun tampaknya sederhana, tindakan menyembunyikan dan kemudian mengungkap sesuatu akan membantu bayi Anda dengan beberapa tonggak perkembangan, termasuk sebab dan akibat dan objek permanen.

Cobalah bermain dengan meletakkan mainan di bawah selimut dan tanyakan kepada bayi Anda di mana itu. Mereka akan dengan cepat belajar menarik selimut seperti yang Anda katakan, "Peekaboo!"

Anda juga bisa bermain dengan menyembunyikan diri di bawah selimut atau dengan menunjukkan bayi Anda bagaimana menutupi wajah mereka. Untuk variasi, cobalah menyembunyikan dua benda di bawah selimut. Dan jika Anda benar-benar ingin mengejutkan bayi Anda, Anda dapat menyembunyikan dua bola di bawah selimut dan kemudian menghapus satu bola tanpa mereka sadari. Ketika mereka menarik selimut untuk menemukan hanya satu bola di mana mereka mengharapkan dua, mereka akan lebih terkejut dan senang.

Saat bayi Anda menjadi balita, mereka mengembangkan berbagai keterampilan baru. Tetapi yang paling mengesankan pada usia ini adalah perkembangan bahasa.

Selama periode enam bulan ini, mereka akan mengalami ledakan bahasa. Pada ulang tahun pertama, mereka hanya dapat mengucapkan satu atau dua kata, tetapi dengan 18 bulan, yang akan meningkat menjadi 10 kata atau lebih.

Jadi usia ini adalah waktu yang tepat untuk game yang memicu perkembangan bahasa dan mengajarkan kosakata.

Aktivitas: Kinerja Bayi

Ketika bayi Anda semakin tua, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu (dan mungkin semakin frustrasi!) Mencoba membuat mereka melakukan apa yang Anda katakan.

Tapi sekarang, mengikuti perintah Anda bisa menjadi permainan favorit mereka. Untuk bermain, ajari mereka untuk mengikuti arahan sederhana seperti "bertepuk tangan" atau "melambaikan selamat tinggal." Anda dapat mengajari mereka dengan mengucapkan perintah dan mendemonstrasikan bagaimana melakukannya sendiri.

Anda juga dapat mengambil tangan mereka dan menunjukkan kepada mereka bagaimana. Ketika mereka melakukan tindakan, puji mereka dan biarkan mereka melihat betapa senangnya Anda.

Intinya adalah tidak membuat bayi Anda mematuhi semua yang Anda katakan, tetapi lebih kepada meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi mereka. Ketika Anda mengatakan arahan verbal dan mereka memahami dan melakukannya, itu memperkuat pemahaman bahasa.

Seiring bertambahnya usia dan berkembangnya kosakata, Anda dapat mulai memberi mereka sedikit arahan yang lebih rumit yang menggabungkan keterampilan bahasa tambahan.

Misalnya, daripada mengatakan, "Ambil bola!" Coba, "Dapatkan bola merah!" Ketika ada beberapa bola dengan warna berbeda untuk dipilih. Ini akan mengharuskan mereka mengenali objek berdasarkan warna dan kategorinya serta memahami perintah, yang semuanya memperkuat pertumbuhan bahasa.
Aktivitas: Suara Hewan

Mengidentifikasi objek dan menempatkannya dalam kategori adalah tonggak yang menarik untuk anak Anda, dan salah satu cara paling menyenangkan bagi mereka (dan Anda!) Untuk mempelajari hal ini adalah dengan hewan.

Untuk bermain, Anda akan membutuhkan gambar binatang, baik dalam buku atau gambar yang dicetak. Tunjuklah pada hewan dan tanyakan kepada anak Anda, "Apa ini?" Dan kemudian, "Apa yang dikatakannya?"

Mempelajari berbagai suara yang dibuat hewan akan membantu kategori dan identifikasi latihan balita Anda, yang keduanya merupakan keterampilan bahasa yang penting. Mereka juga akan memperkuat otot-otot mulut mereka dengan mencoba berbagai suara, yang menyenangkan dan bagus untuk pengembangan bahasa!

Ada banyak kegiatan berbeda yang dapat Anda coba, tetapi jika bayi Anda bersenang-senang dan tumbuh, Anda melakukannya dengan benar. Cukup ikuti petunjuk bayi Anda, dan tetap berhubungan dengan dokter Anda untuk memastikan bayi Anda memenuhi tonggak yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar